Metode Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening
Kanker kelenjar getah bening

Mungkin bagi beberapa orang yang mengalami penyakit ini akan disarankan oleh dokter untuk melakukan langkah pengobatan guna menekan dan menyembuhkan laju pertumbuhan sel kanker kelenjar getah bening. Pengobatan kanker kelenjar getah bening dilakukan dengan penanganan medis, antara lain :

  1. Radioterapi

Radioterapi merupakan metode yang memanfaatkan radiasi dari sinar berkekuatan tinggi, yang berguna untuk membunuh sel kanker dan membantu mengendalikan rasa sakit.

Terapi radiasi memiliki 2 jenis, yaitu :

Terapi radiasi eksternal, terapi eksternal bersifat lokal karena hanya mempengaruhi sel sel pada daerah yang dikenai radiasi saja

Terapi radiasi sistemik, pasien limfoma akan diberikan suntikan yang berasal dari bahan radioaktif, kemudian bahan ini akan mengalir ke seluruh tubuh. Bahan radioaktif itu akan menempel pada antibodi yang bertujuan untuk menghancurkan sel sel limfoma.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi adalah memasukkan obat anti kanker ke dalam tubuh. Kemoterapi ini berguna untuk memperkecil daerah penyebaran dari sel kanker. Banyaknya tindakan kemoterapi yang dilakukan tergantung kondisi dari penderita. Kemoterapi akan dilakukan melalui mulut, melalui pembuluh darah balik, atau di ruang antara sumsum tulang belakang. Namun, kemoterapi ini dapat menimbulkan efek samping yang negatif seperti kebotakan, rasa mual, tidak napsu makan, dan perubahan warna kulit.

  1. Transplantasi sel batang

Transplantasi sel batang bertujuan untuk membentuk antibodi dalam darah, agar memungkinkan pasien untuk melakukan kemoterapi atau terapi radiasi dalam dosis yang tinggi. Kemoterapi dengan dosis tinggi akan menghancurkan sel sel kanker dan sel darah normal pada sumsum tulang belakang. Pasien akan mendapatkan suplai sel sel induk yang sehat dari tabung fleksibel yang dipasang pada pembuluh darah balik besar di daerah leher dan dada.

  1. Terapi Biologi

Terapi ini bersifat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk dapat melawan sel kanker. Antibodi yang diberikan adalah antibodi monoklonal, yang dimana antibodi ini sebagai sebuah protein yang mengikat dirinya pada sel kanker untuk membantu sistem kekebalan tubuh membasmi sel kanker tersebut.

Baca juga terapi kesembuhan dengan obat herbal kanker kelenjar getah bening yang mujarab.

Untuk melakukan metode pengobatan yang disebutkan di atas tentu membutuhkan fasilitas dan tenaga medis yang memadai, sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu marilah kita senantiasa waspada dan jangan menyepelekan gejala gejala awal yang timbul agar penyakit kanker kelenjar getah bening ini supaya tidak terlanjur parah dan akut sehingga dibutuhkan metode pengobatan yang menguras biaya dan juga dapat menimbulkan efek samping yang negatif.

sumber : www.cancercenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *