Khasiat Makan Jengkol bagi Kesehatan

Manfaat jengkol
Manfaat jengkol

Tahukah anda apa khasiat makan jengkol? Banyak orang yang menghindari makanan satu ini karena baunya yang kurang sedap. Tetapi ada juga yang tidak memperdulikan bau dari makanan yang satu ini, dan tidak malu untuk mengakui kelezatan jengkol. Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki bau kurang enak. Meskipun begitu, para penggemar jengkol menyatakan bahwa makanan yang satu ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Selain itu jengkol juga memiliki banyak gizi yang baik. Bau jengkol pun sebenarnya bisa diatasi. Jengkol paling sering diolah menjadi semur atau gulai. Untuk anda yang masih memandang jengkol sebelah mata, berikut ini ada beberapa manfaat jengkol yang bisa membuat anda tercengang.

Manfaat Makan Jengkol
Tidak disangka ternyata jengkol berguna untuk pembentukan jaringan tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan protein tinggi pada jengkol. Kandungan protein pada jengkol bahkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan kandungan protein yang ada di kacang hijau dan kacang kedelai. Ada lagi khasiat makan jengkol yang mungkin belum diketahui banyak orang. Ternyata jengkol bisa mencegah anemia. Hal ini karena adanya kandungan zat besi dalam jengkol, yang mampu mencegah serta mengatasi kurangnya produk sel-sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan sel darah merah dapat berdampak kurang baik pada aliran suplai oksigen serta zat makanan yang dibutuhkan seluruh tubuh.

Ternyata jengkol pun dapat berguna untuk mencegah tulang keropos, sekaligus memperkuat tulang gigi. Jengkol merupakan bahan makanan yang mengandung zat besi dan protein. Selain itu ada juga zat kalsium dan fosfor. Dua zat ini sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor adalah zat yang berguna untuk mencegah tulang keropos. Sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat memberikan manfaat yang baik bagi tulang. Khasiat makan jengkol yang lainnya adalah dapat membasmi radikal bebas. Hampir sama dengan sayuran atau buah-buahan, jengkol pun memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, dan C. Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata, sedangkan vitamin A dan C memiliki peran sebagai antioksidan. Antioksidan dikenal sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Jangan memandang segala sesuatu dengan sebelah mata. Nampaknya hal ini berlaku untuk jengkol. Meskipun memiliki aroma yang kurang sedap, nyatanya jengkol mampu mengatasi penyakit jantung koroner. Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic atau mampu membuat pembuangan urine menjadi lancar. Pembuangan urine yang lancar ini sangat baik bagi penderita jantung. Anda yang sedang ingin berdiet pun dianjurkan untuk mengkonsumsi jengkol. Salah satu khasiat makan jengkol adalah dapat merampingkan perut. Jengkol memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat melancarkan BAB. Sehingga secara tidak langsung bisa membuat perut menjadi langsing.

Khasiat makan jengkol yang lainnya adalah dapat mencegah diabetes. Bagaimana bisa? Penjelasannya adalah, karena jengkol merupakan bahan makanan yang mengandung asam jengkolat. Zat yang satu ini tidak ditemukan di bahan makanan lainnya. Asam jengkolat ini memiliki bentuk berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Zat inilah yang membuat jengkol bersifat diuretic. Sehingga jengkol sebenarnya tidak dianjurkan untuk penderita penyakit ginjal. Karena dikhawatirkan ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat. Akibatnya penderita penyakit ginjal bisa mengalami sulit berhenti buang air kecil.

Jengkol merupakan jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa ibu hamil seringkali mengalami sembelit. Karena kandungan serat yang tinggi dalam jengkol, masalah sembelit pada ibu hamil ini dapat diatasi. Jengkol membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar. Tetapi mengkonsumsi jengkol tetap harus sesuai dengan jumlah yang dianjurkan dan tidak berlebihan. Konsumsi jengol pada ibu hamil juga menjadi baik, karena jengkol dapat memberikan manfaat bagi janin dalam kandungan. Berkat kandungan kalsium dan fosfor, jengkol mampu membantu pertumbuhan tulang dan gigi agar bisa berjalan secara optimal. Jengkol juga sekaligus menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan asam folat dan vitamin B6 dalam jengkol. Demikianlah sedikit informasi mengenai khasiat makan jengkol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *