Dampak tidak baik dari makanan beku bagi kesehatan

penyakit jantung dapat dipicu oleh makanan beku
penyakit jantung dapat dipicu oleh makanan beku

Makanan yang tidak menggunakan bahan pengawet biasanya kita masukan di lemari pendingin. Selain itu terdapat banyak pilihan makanan yang dapat dibeli di pasar tradisional maupun di supermarket. Anda pun dapat juga memilih untuk membeli antara menggunakan bahan makanan yang masih segar atau yang sudah di bekukan. Disarankan bagi anda untuk selalu berhati dalam memilih makanan seperti halnya mmebeli makanan dalam kemasan beku, karena makanan dalam kemasan beku memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut dampak tidak baik dari makanan beku bagi kesehatan
Memicu Penyakit jantung
Dampak dari makanan beku yang pertama dalah dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Makanan beku biasanya mengandung banyak lemak trans karena dalam kadaan sudah separuh dimasak, hal ini dapat meningkatkan risiko terkenannya penyakit jantung dan juga meningkatkan resiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh arteri. Lemak trans yang terkandung pada makanan beku dapat meningkatkan kadar LDL dalam darah (kolesterol jahat) serta dapat menurunkan kadar HDL (kolesterol baik). Hal ini lah yang nantinya dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Kanker
Dampak buruk yang kedua dari makanan beku adalah dapat menyebabkan penyakit kanker. Makanan beku merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan terserang nya penyakit kanker. Hasil penelitian menyatakan bahwa makanan olahan yang tidak sehat serta makanan beku, khususnya daging, dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker pankreas. Sebuah hasil penelitian lainnya yang dilakukan menunjukkan bahwa makanan olahan seperti, hot dog, kornet, sosis dan lain sebagainya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker lebih dari 65%. Banyak dari makanan beku yang mengandung senyawa karsinogenik.

Diabetes
Dampak berikutnya dari makanan beku yang dapat memperburuk kesehatan adalah pemicu diabetes. Makanan beku biasanya diawetkan dengan pati, semacam polimer glukosa (karbohidrat) yang akan menambah rasa pada makanan. Kemudian polimer glukosa ini akan dicerna sebagai gula di dalam tubuh, jika Anda terlalu sering makan makanan beku ini maka dapat memicu terjadinya penyakit diabetes. Kelebihan kadar gula bukan hanya dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh.

Hipertensi
Dampak buruk yang terkahir adalah dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Makanan kemasan yang dibekukan, selain mengandung banyak pengawet tetapi mengandung banyak kadar sodium atau garam yang nantinya dapat meningkatkan tekanan darah serta dapat membuat darah mengental. Hal ini dapat memicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi.

Itu lah beberapa dampak buruk dari mengkonsumsi makanan makanan beku. Untuk itu disarankan memilih makanan yang sehat untuk di konsumsi, apa bila ingin mengkonsumsi makanan beku sebaiknya jangan terlalu sering. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *